Monday 10 June 2013

Bermain atau Berinvestasi Saham?

Pada dasarnya saham bukan merupakan permainan. Judul tersebut saya buat dalam rangka mempermudah pencarian di mesin pencari google. Berikut ini merupakan beberapa hal yang keliru mengenai saham yang banyak dipersepsikan di masyarakat.

Investasi Saham Bukan Bermain Saham
Saham merupakan salah satu instrumen investasi di pasar modal. Selain saham instrumen investasi lainnya yaitu obligasi. Dalam pelajaran ekonomi di masa SMA dulu, kita belajar bagaimana mekanisme kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh rumah tangga konsumen (RTK), rumah tangga produsen (RTP), pemerintah, serta dunia internasional. Berinvestasi saham merupakan salah satu aktivitas ekonomi yang dilakukan oleh RTK dengan menawarkan modal kepada RTP. Dalam bahasa sederhana, pengusaha merupakan orang yang mengkombinasikan berbagai sumber daya faktor produksi untuk diolah menjadi barang siap pakai (barang jadi). Untuk membiayai usahanya, pengusaha menghimpun dana dari para investor. Proses penghimpunan dana ini terjadi di pasar modal.

Saham adalah sertifikat bukti kepemilikan atas perusahaan. Pada hakikatnya membeli suatu saham berarti kita membeli suatu perusahaan. Berinvestasi saham berbeda dengan bermain saham. Berinvestasi merupakan proses melihat sejauh mana fundamental perusahaan serta prospek usahanya di masa mendatang. Sedangkan bermain saham merupakan suatu aktivitas spekulatif (untung-untungan) dari volatilitas harga saham.Dalam bahasa saham aktivitas ini disebut sebagai trading.

0 comments:

Post a Comment